Kreasi Mainan dari Kain Flanel

You know you’re a mother when you learn how to sew a toy for your kid(s). Ain’t it right? Kalau dulu sebelum beranak, skill menjahit saya mentok pada skill tusuk jelujur (itupun gak rapi) dan jahit kancing paling. Jadi saya pun cuma punya benang hitam, putih, merah, dan sebuah jarum hanya jika ada kancing baju lepas aja. Mana ada pikiran mau belajar jahit waktu itu? 😁 

Suatu hari saya kepikiran untuk membuat sebuah busy book yang terbuat dari kain flanel / felt untuk K yang masih berusia 7 bulan waktu itu supaya dia anteng di dalam pesawat. Eh tapi first time itu saya gak pake jahit bikinnya, karena belum bisa jahitnya bo’. Tapi ini awal mulanya saya jadi belajar jahit nantinya. Alhasil ya pertama itu pake hot glue gun aja. Gunting tempel-tempel kelaaarrrr. Ini hasil busy book pertama bikinan saya. Yaaahh not bad lah yaaa…

Nah ternyata busy book nya lama-lama bisa lepas-lepas tempelannya karena ditarik-tarik sama si bayi. Jadilah saya berniat mau bikin lagi tapi yang dijahit, biar awet. Lalu, saya menemukan buku ini di toko buku.

Bukunya berguna banget karena selain jelasin cara-caranya juga disediakan contoh-contoh polanya. Langsung lah saya beli bahan-bahannya terus beli juga benang-benang yang lengkap warnanya lalu eksekusi dah. Dan hasilnya waktu itu saya berikan kepada anak sahabat saya. 

Senangnyaaa liat anak sahabat ini suka mainin busy book hasil jahitan perdana saya yang ala kadarnya dan walau masih ada errornya πŸ˜†.

Ternyata bikin beginian nagih loh karena berikutnya saya buat lagi sebuah busy book buat K. Contoh-contohnya saya lihat dari internet, ada banyak banget kok contoh dan polanya. Tinggal gugling aja kok πŸ˜†. Sebenarnya mau bikin juga pake mesin jahit, tapi ya saya belum bisa pakai mesin jahit. Mesti belajar dulu, ke nyokap mungkin yang jago jahit, haha. Anyway untuk sekarang jahit tangan aja cukup lah ya, kecuali kalau mau dijualin baru deh belajar mesin jahit.

Oiya saya juga pernah bikin finger puppet nya Peppa Pig family dari kain flanel karena K suka banget sama serial kartun Peppa Pig.

Peppa Pig finger puppet

Selain itu, flanel bisa juga dipakai untuk mainan ‘membuat pizza’. Yang ini mah gak pake jahit-jahit sama sekali, cuma digunting aja jadi. K suka banget mainin ini, selain melatih motorik halus juga belajar berhitung πŸ˜†.

Pizza Flanel

Bisa juga untuk membuat mainan memory game (pakai hot glue gun aja tanpa perlu jahit) atau DIY Montessori dressing frame yang sangaaaat berguna untuk latihan practical life skill balita. Ya pokoknya mah so many things bisa dibuat dari kain flanel.

Felt Memory Game
DIY montessori dressing frame

Dan terakhir kemarin K ( 3 tahun) minta saya bikinin tea set dari flanel yang ada di buku itu juga. 

Kalau kreasi lain yang lebih advanced, seperti yang pake dakron isinya itu, saya belum pernah coba bikin. Maybe next time mau coba. Kalau gak sempet or gak bisa jahitnya tapi kepengen juga punya busy book flanel, bisa beli aja kok karena udah banyak yang bisnis jualan busy book macam gini, tapi ya tetep kalau bikin sendiri buat anak ada rasa kepuasan tersendiri kan yaaa…

Leave a Reply

